- Aktivasi Account
- Mengganti Username
- Kotak Pesan
- Avatar
- Account Banned
- Account Hacked
- Seputar Login
- Seputar Thread dan Replies
- Cendol / Bata
- Tingkatan Tag KASKUS (Rank)
- Penghapusan Account
Aktivasi Account
Saya sudah registrasi, namun belum bisa posting. Bagaimana cara verifikasi account KASKUS saya?
- Setelah kamu melakukan sign up kemudian login dengan account KASKUS, akan muncul notification bahwa account kamu belum diaktivasi.
- Cek email yang masuk dari KASKUS pada alamat email yang didaftarkan saat registrasi. Jika tidak ditemukan silahkan cek folder Spam. Pastikan alamat email yang kamu masukkan saat registrasi adalah email yang valid.
- Klik link verifikasi yang terdapat dalam email tersebut atau masukkan kode OTP disini
- Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman ini dan aktivasi akun dinyatakan selesai
Saya sudah cek email dan tidak menemukan email aktivasi dari KASKUS. Bagaimana cara aktivasi account saya?
Anda perlu meminta Resend Activation Email dengan langkah berikut:
- Setelah melakukan sign up, login dengan account KASKUS, akan ada notification bahwa Anda perlu melakukan verifikasi akun, silahkan klik pada tulisan “Aktifkan akun disini”.
- Anda akan diarahkan ke halaman untuk mengisi OTP. Klik link “Kirim ulang email konfirmasi” untuk mendapatkan email verifikasi.
- Cek email yang masuk dari KASKUS pada alamat email yang didaftarkan tadi. Jika tidak ditemukan silahkan cek folder Spam. Pastikan alamat email yang Anda daftarkan benar.
- Klik link verifikasi atau masukkan kode OTP yang terdapat dalam email tersebut, Anda akan di redirect ke KASKUS dan dinyatakan bahwa proses verifikasi berhasil.
- Setelah registrasi dinyatakan selesai, Anda bisa mulai beraktivitas di Kaskus!
Saya salah memasukkan email saat mendaftar. Bagaimana cara mengganti email saya?
Jangan takut kehilangan akun yang baru Anda buat! Anda bisa mengganti email dengan cara:
- Pergi ke halaman edit profile dengan cara klik user menu di kanan atas, lalu klik Pengaturan Akun, dan klik Ubah Profil.
- Klik button “Ganti Email”
- Isi email baru dan kata sandi Anda, lalu Submit
- Email verifikasi akan dikirimkan ke email baru Anda
Saya sudah cek email, dan masih tidak ada email aktivasi dari KASKUS. Bagaimana cara aktivasi account saya?
Silahkan menghubungi cs.kaskus.co.id untuk membantu aktivasi. Proses ini selambatnya membutuhkan waktu 1 hari kerja.
MENGGANTI USERNAME
Apakah saya bisa mengganti username saya?
Username tidak bisa diubah, kecuali:
- Terdapat karakter diluar alpha numeric pada username.
- Mendapatkan username secara otomatis melalui registrasi menggunakan sosial media.
Untuk mengubah username, dapat mengunjungi halaman Ubah Profil.
KOTAK PESAN
Kenapa saya tidak bisa mengirim Private Message (PM)?
Penyebab tidak bisa mengirim Pesan adalah karena:
- Kuota inbox penerima Pesan telah full
- Anda belum melakukan aktivasi account KASKUS
Kuota inbox penerima dikatakan full, padahal tidak. Apa yang harus saya lakukan?
Untuk hal ini, silahkan menghubungi cs.kaskus.co.id dengan menyertakan informasi:
- Username Anda
- Username penerima Pesan
AVATAR
Bagaimana cara menampilkan Avatar saya?
- Klik Avatar di bagian kanan atas layar
- Klik username, lalu klik Profil
- Klik tombol kamera yang ada di avatar, lalu klik upload photo
- Pilih file yang mau dijadikan avatar
- Anda bisa meng-crop atau me-resize avatar sesuai yang Anda mau (jika bentuk file .jpg, .png, .jpeg)
- Klik Crop untuk mengganti avatar
Saya sudah upload gambar, kenapa avatar saya tidak muncul?
Hal ini bisa disebabkan karena avatar kamu di set off pada Opsi Pengguna. Untuk mengaktifkannya:
- Klik username kamu di bagian kanan atas layar
- Pilih Pengaturan Akun
- Pilih Opsi Pengguna
- Set Tunjukkan Avatar
- Jangan lupa Simpan
ACCOUNT BANNED
Kenapa account saya di banned?
Untuk mengetahui alasannya:
- Lihat banned notification yang muncul saat kamu login.
- Baca pada bagian reason kenapa kamu di banned.
Notifikasi ini hanya muncul 1 kali saja, jadi sebaiknya kamu mencatat keterangannya atau mengambil screenshot.
Beberapa penyebab umum account di banned:
- Postingan yang melanggar peraturan komunitas atau ketentuan Kaskus
- Disinyalir melakukan penipuan
- Account terindikasi di-hack
- Permintaan untuk delete account
PROSES BANNED BERTAHAP
Untuk proses banned satu sampai dengan 3 (tiga) hari akan diberikan langsung, namun untuk proses banned diatas 3 (tiga) hari akan diberikan secara bertahap, tahap pertama adalah preliminary banned selama 3 (tiga) hari, baru dilanjut ke tahap banned berikutnya, sampai dengan banned permanen
Catatan :
Penentuan proses banned temporary bersifat flexible, dapat lebih disesuaikan dengan kasus atas pelanggaran yang dibuat.
Untuk mengetahui peraturan umum di KASKUS bisa dibaca disini, untuk peraturan di Jual Beli bisa dibaca disini.
Bagaimana cara mengajukan keberatan atas sanksi banned tersebut?
Bila kamu merasa bahwa sanksi yang kamu dapatkan tidak sesuai, kamu bisa mengajukan banding atas hukuman tersebut. Cara pengajuan banding adalah dengan:
- Mengetahui username Moderator atau KASKUS Officer yang melakukan banned (ini muncul pada banned notification).
- Menghubungi Moderator atau KASKUS Officer tersebut melalui Kotak Pesan dengan account lain yang masih aktif, atau bisa juga dengan membuat account baru.
- Jelaskan bahwa kamu adalah pemilik account yang bersangkutan, kemudian paparkan alasan kuat disertai dengan bukti kenapa sanksi banned tersebut tidak selayaknya kamu dapatkan.
Jika account kamu di banned oleh Hansip, maka cara untuk pengajuan banding adalah menuju cs.kaskus.co.id (melalui account lain yang masih aktif, atau bisa juga dengan membuat account baru) dengan menyertakan:
- Username account yang di banned
- Alasan & bukti kenapa sanksi banned tersebut tidak selayaknya kamu dapatkan
Pengajuan keberatan kepada pihak KASKUS Officer ataupun cs.kaskus.co.id akan direspon selambatnya 1 hari kerja. Pengajuan keberatan kepada pihak moderator akan direspon sesuai dengan waktu aktif moderator yang bersangkutan.
ACCOUNT HACKED
Account saya di hack, apa yg harus saya lakukan?
Silahkan menuju cs.kaskus.co.id dengan menginformasikan username account KASKUS kamu. Selanjutnya pihak Customer Support akan memberikan informasi mengenai langkah-langkah berikutnya.
SEPUTAR LOGIN
Saya lupa password, bagaimana caranya agar bisa login ke KASKUS?
Cara recovery password adalah:
- Menuju laman Lupa Password
- Masukkan email atau nomor HP yang terhubung dengan akun Anda
- Isi captcha yang muncul
- Klik Selanjutnya
- Anda bisa memilih untuk menerima OTP melalui email atau nomor HP
- Apabila email atau nomor HP tercantum bukan email atau nomor HP Anda, klik “Bukan Agan?” dan cek kembali email atau nomor HP yang Anda masukkan di langkah kedua.
- Cek email Anda atau nomor HP untuk mendapatkan OTP
- Masukkan OTP di halaman Forgot Password dan klik selanjutnya
- Masukkan password baru Anda, lalu klik selanjutnya
- Anda bisa memilih untuk keluar dari perangkat lainnya atau tetap masuk di semua perangkat.
- Klik selanjutnya. Selamat! Password Anda telah berhasil diubah.
Jika kamu lupa alamat email yang digunakan saat registrasi maka silahkan menuju cs.kaskus.co.id dengan menginformasikan username account KASKUS. Selanjutnya pihak Customer Support akan memberikan informasi mengenai langkah-langkah berikutnya. Setelah data yang diberikan lengkap, permohonan akan diproses selambatnya 1 hari kerja.
Saya sudah memasukan username & password dengan benar tetapi kenapa selalu dianggap salah?
Untuk mengatasi ini kami sarankan untuk me-reset password dengan cara:
- Menuju laman Lupa Password
- Masukkan email atau nomor HP yang terhubung dengan akun Anda
- Isi captcha yang muncul
- Klik Selanjutnya
- Anda bisa memilih untuk menerima OTP melalui email atau nomor HP
- Apabila email atau nomor HP tercantum bukan email atau nomor HP Anda, klik “Bukan Agan?” dan cek kembali email atau nomor HP yang Anda masukkan di langkah kedua.
- Cek email Anda atau nomor HP untuk mendapatkan OTP
- Masukkan OTP di halaman Forgot Password dan klik selanjutnya
- Masukkan password baru Anda, lalu klik selanjutnya
- Anda bisa memilih untuk keluar dari perangkat lainnya atau tetap masuk di semua perangkat.
- Klik selanjutnya. Selamat! Password Anda telah berhasil diubah.
Jika masih juga bermasalah maka silahkan menuju cs.kaskus.co.id dengan menginformasikan username account KASKUS kamu. Selanjutnya pihak Customer Support akan memberikan informasi mengenai langkah-langkah berikutnya. Setelah data yang diberikan lengkap, permohonan akan diproses selambatnya 1 hari kerja.
SEPUTAR THREAD DAN REPLIES
Kenapa saya tidak bisa posting thread atau posting reply?
Jika pada saat membuat new thread atau post reply muncul notification seperti berikut ini:
"Halo Gan, untuk bisa mem-posting di KASKUS, Agan perlu verifikasi akun Kaskus lebih dahulu. Aktifkan akun atau Kirim ulang email verifikasi."
Maka artinya ada account kamu belum di aktivasi. Untuk panduan melakukan aktivasi account bisa dibaca disini.
Kenapa replies saya di thread tertentu tidak muncul bahkan setelah di refresh?
Silahkan menuju ke cs.kaskus.co.id dengan memberikan informasi link thread yang bermasalah tersebut. Laporan akan diproses selambatnya 1 hari kerja.
Kenapa thread lama saya tidak ada setelah pindah ke New KASKUS?
Ada thread yang tidak berpindah karena sistem menganggap bahwa thread tersebut sudah tidak aktif diskusinya sehingga dipindahkan ke archive.kaskus.co.id. Kamu boleh membuat lagi thread baru berisi konten yang sama dengan copy paste dari thread lama tersebut.
Kenapa thread saya tidak muncul setelah di posting?
Jika setelah posting new thread muncul notification seperti ini:
Approval Thread
maka artinya komunitas tersebut menerapkan sistem approval sebelum thread bisa muncul dan dibaca oleh Kaskuser lainnya. Cara untuk memunculkannya adalah:
- Menunggu approval dari moderator selambatnya 1 hari kerja
- Jika tidak muncul juga, silahkan menghubungi moderator komunitas yang bersangkutan via Kotak Pesan.
Jika belum juga direspon maka bisa menginformasikannya kepada cs.kaskus.co.id dengan menyertakan judul thread dan nama komunitas tempat thread tersebut di posting.
Kenapa thread saya di-delete (invalid thread)?
Thread kamu di-delete karena dinilai melanggar ketentuan komunitas yang berlaku. Untuk mengetahui alasan detailnya silahkan menghubungi moderator komunitas yang bersangkutan atau menuju ke cs.kaskus.co.id sambil menyertakan link thread yang dimaksud.
Close Thread
Mengapa thread saya di-closed?
Thread tersebut di-closed karena:
- Thread dinilai sudah tidak relevan namun terangkat kembali (necroposting)
- Thread di posting pada komunitas yang salah
- Thread melanggar ketentuan komunitas yang berlaku
- Thread dianggap menjadi ajang post junk antar Kaskuser
Untuk mengetahui alasan detailnya silahkan menghubungi moderator komunitas yang bersangkutan atau menuju ke cs.kaskus.co.id sambil menyertakan link thread yang dimaksud.
CENDOL / BATA
Apa itu cendol dan bata?
Cendol (Good Reputation Point / GRP) dan bata (Bad Reputation Point / BRP) sejatinya adalah untuk menunjukan reputasi. Semakin banyak cendol yang dimiliki artinya user tersebut dirasa memiliki banyak kontribusi untuk Kaskuser lainnya, begitu juga sebaliknya. Namun ada juga sebagian Kaskuser yang sekedar menjadikannya sebagai koleksi saja, bukan sebagai representasi reputasi.
Jumlah Cendol
Bagaimana caranya mendapatkan reputasi?
Anda dapat membuat Thread atau Post yang berkualitas di KASKUS dan mendapatkan reputasi dari Kaskuser lainnya.
Kenapa jumlah cendol (atau bata) saya berkurang?
Jumlah Reputation Point akan berkurang jika ada Kaskuser lain yang memberikan Reputation Point yang berlawanan. Misalnya, jumlah cendol akan berkurang jika ada Kaskuser lain memberikan bata.
Jumlah Reputation Point juga dapat berkurang jika Kaskuser lain yang sudah memberikan reputasi menarik kembali cendol atau bata nya di post Anda.
Kenapa account saya dilempar bata?
Penyebab diterimanya bata (Bad Reputation Point) adalah karena:
- Anda melanggar aturan dari Komunitas tertentu
- Postingan Anda tidak disukai oleh Kaskuser lainnya
Siapa saja yang dapat memberikan cendol (atau bata)?
Semua Kaskuser yang sudah memiliki akun terverifikasi dapat memberikan cendol atau bata kepada semua Kaskuser lain melalui post nya.
TINGKATAN TAG KASKUS (RANK)
Tag adalah keterangan yang berada di bawah username Anda, tag ini berbeda-beda tergantung jumlah postingan Anda, adapun urutannya adalah sebagai berikut :
- Newbie: 0 s/d 99 posts
- Kaskuser: 100 s/d 499 posts
- Aktivis KASKUS: 500 s/d 749 posts
- KASKUS Holic: 750 s/d 999 posts
- KASKUS Addict: 1.000 s/d 3.999 posts
- KASKUS Maniac: 4.000 s/d 10.000 posts
- KASKUS Geek: 10.000 s/d 25.000 posts
- KASKUS Freak: 25.000 s/d 49.000 posts
- Made In KASKUS: 50.000 s/d ~
STATUS REPUTASI
Status Reputasi di KASKUS diindikasikan keterangan yang akan timbul jika kita menggeser mouse dan menempatkannya pada kotak reputasi yang berwarna hijau atau merah, yang berada di samping username, jika tidak ada kotak berwarna hijau atau merah, menandakan bahwa user tersebut belum mempunyai reputasi, berikut adalah tingkatannya :
- User ini sedang menghadapi cobaan -50 s/d -~
- User memiliki reputasi yang buruk -10 s/d -49
- User sedang di jalan yg benar 10 s/d 49
- User akan menjadi terkenal 50 s/d 149
- User has a spectacular aura about 150 s/d 249
- User is a jewel in the rough 250 s/d 359
- User is just really nice 350 s/d 449
- User is a glorious beacon of light 450 s/d 549
- User is a name known to all 550 s/d 649
- User is a splendid one to behold 650 s/d 999
- User has much to be proud of 1.000 s/d 1.499
- User has a brilliant future 1.500 s/d 1.999
- User has a reputation beyond repute 2.000 s/d ~
JUMLAH KOTAK REPUTASI
Jumlah kotak reputasi merepresentasikan jumlah reputation point yang Anda miliki, adapun berikut adalah jumlahnya :
Good Reputation Point
- 001 s/d 099 █
- 100 s/d 199 █ █
- 200 s/d 299 █ █ █
- 300 s/d 399 █ █ █ █
- 400 s/d 499 █ █ █ █ █
- 500 s/d 699 █ █ █ █ █ █
- 700 s/d 899 █ █ █ █ █ █ █
- 900 s/d 1.099 █ █ █ █ █ █ █ █
- 1.100 s/d 1.299 █ █ █ █ █ █ █ █ █
- 1.300 s/d 1.499 █ █ █ █ █ █ █ █ █ █
- 1.500 s/d ~ █ █ █ █ █ █ █ █ █ █ █
Bad Reputation Point
- -001 s/d -99 █
- -100 s/d -199 █ █
- -200 s/d -299 █ █ █
- -300 s/d -399 █ █ █ █
- -400 s/d -499 █ █ █ █ █
- -500 s/d -699 █ █ █ █ █ █
- -700 s/d -899 █ █ █ █ █ █ █
- -900 s/d -1,099 █ █ █ █ █ █ █ █
- -1,100 s/d -1,299 █ █ █ █ █ █ █ █ █
- -1,300 s/d -1,499 █ █ █ █ █ █ █ █ █ █
- -1.500 s/d -~ █ █ █ █ █ █ █ █ █ █ █
PENGHAPUSAN ACCOUNT
Bagaimana cara menghapus akun KASKUS?
- Pergi ke Pengaturan Akun dan pIlih Penghapusan Akun
- Pilih alasan kenapa ingin menghapus akun dan isi Password di kolom yang tersedia
- Cek "Saya telah memahami Syarat dan Ketentuan berlaku"
- Klik tombol Hapus Akun
Apa yang terjadi ketika akun dihapus?
- Anda akan secara otomatis ter-logout dari KASKUS
- Profil Anda di KASKUS tidak dapat diakses ataupun dicari oleh user lain
- Username Anda akan tetap di reserve dan tidak dapat digunakan oleh user lain
- Email dan Nomor Handphone terdaftar tidak dapat digunakan kembali. Pastikan Anda menggantinya sebelum menghapus akun
- Seluruh Koneksi terhadap Social Media: Facebook, Twitter, dan Google akan diputuskan
Bagaimana jika ingin memulihkan akun yang sudah dihapus?
- Jika masih dalam kurun waktu 30 hari semenjak Anda menghapus akun, Anda dapat memulihkannya dengan melakukan Login ke dalam KASKUS
- Jika sudah lebih dari 30 hari semenjak Anda menghapus akun, mohon maaf akun Anda tidak dapat dipulihkan