Apa itu Kaspay?
Kaspay adalah fasilitas yang dimiliki KASKUS untuk menjembatani proses pembayaran antara Seller dan Buyer yang bertransaksi di KASKUS.
Siapa aja yang bisa menggunakan Kaspay?
Seluruh Kaskuser dapat membuat, menggunakan dan membeli barang di lapak menggunakan Kaspay.
Bank apa aja yang bisa digunakan dalam Kaspay?
Bank yang bisa digunakan oleh Seller ataupun Buyer dalam Kaspay adalah seluruh bank yang terdaftar di Bank Indonesia.
Perlu diingat bahwa dalam transaksi jual beli yang akan berlangsung di Kaspay, uang yang ditransfer ke Seller ataupun Buyer (dalam hal ini, refund), akan berbentuk digital dan dimasukkan ke dalam Saldo Kaspay Seller ataupun Buyer. Dari sini, Seller atau Buyer bisa mengajukan permohonan pencairan dana ke bank yang tercantum di atas.
Apa keuntungan menggunakan Kaspay untuk Buyer?
- Buyer tidak perlu khawatir ditipu saat melakukan transaksi karena sistem pembayaran akan menjadi = Buyer-KASKUS-Seller.
- Uang yang dibayarkan Buyer akan masuk dulu ke KASKUS baru kemudian akan diteruskan ke Seller jika barang telah sampai ke tangan Buyer.
- Buyer tidak perlu khawatir karena ada Resolution Center yang membantu sebagai penengah apabila terjadi masalah antara Buyer dan Seller. Buyer dapat melaporkan apabila barang belum kunjung diterima atau barang sudah diterima tapi dalam keadaan cacat.
- Kaspay akan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk bertransaksi di KASKUS.
Apakah ada Biaya dalam menggunakan Kaspay?
Tidak ada, semua biaya pencairan dana adalah gratis.
Apa itu Tip KASKUS?
Tip KASKUS adalah tips sukarela dari Buyer untuk KASKUS.
Apakah ada minimal transaksi dalam menggunakan Kaspay?
Minimal pembayaran dalam suatu transaksi adalah tergantung kebijakan masing-masing bank yang digunakan.
Rekening siapa yang digunakan?
Untuk semua transaksi Kaspay selain Bank Transfer (KlikBCA, Sakuku dan Indomaret), Agan tidak perlu mengetahui nomor rekening apa-apa karena semua sudah terintegrasi secara otomatis.
Khusus untuk transaksi Kaspay yang menggunakan Bank Transfer, Agan harus menggunakan nomor rekening resmi dari KASKUS, yakni:
- 5425 1111 05 a/n PT Darta Media Indonesia
- 1240 0222 9998 7 a/n PT Darta Media Indonesia
Notes: hati-hati dengan pemegang rekening yang tidak valid ya Gan.
Apakah ada batas waktu dalam menggunakan Kaspay?
Ada beberapa langkah yang memiliki batasan waktu sebelum pesanan atau transaksi menjadi kadaluwarsa atau tidak valid lagi:
- Maksimal Seller merespon penawaran Buyer (belum dibayar) = 48 jam.
- Maksimal Buyer mengisi Halaman Checkout = 48 jam.
- Maksimal Seller merespon pesanan (sudah dibayar) = 48 jam.
- Maksimal Seller mengisi resi = 72 jam (hitungan hari kerja).
- Maksimal pembayaran dengan KlikBCA = 1 jam 30 menit.
- Maksimal pembayaran dengan Bank Transfer = 24 jam.
- Maksimal pembayaran dengan Sakuku = 1 jam 30 menit.
- Maksimal pembayaran dengan Indomaret = 48 jam.
Mengapa pesanan/tawaran ane belum direspon juga oleh Seller? Apa yang harus ane lakukan?
Ada beberapa kemungkinan mengapa pesanan Agan belum direspon oleh Seller :
- Seller belum membuka email/PM yang berisi pesanan Agan.
- Seller belum memeriksa Halaman Transaksi Penjualan.
- Seller menolak pesanan Agan tapi lupa untuk merespon.
- Data/lokasi/harga penawaran Agan mungkin kurang tepat sehingga Seller tidak merespon.
Yang harus Agan lakukan :
- Mengontak Seller secara manual via PM atau Chat dan memintanya untuk merespon pesanan Agan via Kaspay sebelum 48 jam.
- Pastikan Agan memasukkan data/lokasi/harga penawaran yang benar dan masuk diakal sehingga memudahkan Seller untuk merespon pesanan Agan.
Bagaimana jika Seller belum juga memasukkan nomor resi di Info Pengiriman?
Segera kontak Seller secara manual untuk memastikan hal tersebut, karena ada kemungkinan Seller telah mengirim barang tapi lupa untuk memasukkan nomor resi.
Jika dalam 3*24 jam (hitungan Hari Kerja: tidak termasuk Sabtu-Minggu, tanggal merah), Seller tetap tidak mengisi nomor resi, dana akan dikembalikan ke Saldo Kaspay Buyer.
Sebagai Buyer, bagaimana jika ada masalah dalam menggunakan Kaspay?
Ada beberapa masalah yang umum terjadi seperti barang belum sampai ke tangan Buyer lebih dari batas waktu normal atau barang diterima tidak sesuai dengan deskripsi, maka Buyer bisa membuat Pengaduan dengan cara mengklik tombol Buat Pengaduan (Resolution Center) yang terdapat di menu Transaksi Pembelian.
Bagaimana cara untuk melakukan refund?
Refund bisa dilakukan jika telah dibuat Pengaduan ke Resolution Center dan telah terjadi kesepakatan untuk melakukan refund antara Seller dan Buyer serta diterima oleh KASKUS Customer Support.
Bagaimana kalau ane salah memasukkan nomor rekening untuk proses pencairan dana Saldo Kaspay?
KASKUS tidak bertanggung jawab jika ada kesalahan memasukkan nomor rekening oleh KASKUS member. Jadi pastikan nomor rekening yang Agan masukkan adalah benar.