Bagaimana cara mencari barang atau jasa yang diinginkan?
- Agan bisa menelusuri setiap kategori barang di halaman utama JB. Daftar kategori bisa dilihat dengan klik tombol Kategori di sebelah kiri:
- Agan juga bisa melakukan pencarian barang melalui kolom Search yang terletak di atas halaman.
- Jika Agan tidak menemukan barang yang dicari, Agan bisa pergi ke halaman utama JB di fjb.kaskus.co.id.
- Klik tombol Cari Barang di sebelah kanan atas.
- Isi selengkap-lengkapnya informasi barang yang diinginkan. Jika kebetulan ada Seller yang memiliki barang tersebut, Seller pasti akan segera menghubungi Agan.
- Jangan lupa ya klik tombol Udah Dapet Gan! Jika barang sudah berhasil didapatkan.
Bagaimana cara mencari tahu apakah seorang Seller terpercaya atau tidak?
- Di halaman Produk, baca deskripsi barang atau jasa dengan seksama. Waspadai harga produk yang tidak wajar atau jauh lebih murah dari harga di pasaran.
- Lihat aktivitas dan reputasi Seller melalui testimoni Buyer ataupun komentar Kaskuser di dalam lapak.
- Di halaman Produk, Agan juga melihat total feedback Seller di bagian Seller Info.
Feedback merupakan salah satu bantuan bagi Buyer untuk menentukan apakah Seller memiliki reputasi yang baik atau tidak.
Bagaimana cara membeli produk dari Seller?
- Cari produk yang Agan inginkan. Masuk ke halaman produk dengan klik nama produk.
- Klik tombol di bawah:
- Agan akan dibawa ke Halaman Checkout untuk mengisi informasi pengiriman dan memilih metode pembayaran. Detail dari metode pembayaran bisa dilihat di:
- Setelah pembayaran dilunasi, maka Seller akan mendapatkan notifikasi untuk segera memberikan respon pada Agan (respon setuju atau respon tolak).
Bagaimana cara bertransaksi dengan mengajukan nego/penawaran kepada Seller?
- Cari produk yang Agan inginkan. Masuk ke halaman produk dengan klik nama produk.
- Perhatikan apakah ada tombol Nego seperti di bawah ini:
- Jika tombol ini ada, maka barang bisa dinego dan penawaran akan dikirimkan kepada Seller via email/PM.
- Tunggu tanggapan Seller selanjutnya terhadap penawaran yang diajukan melalui email/PM yang dikirimkan kepada Agan.
Bagaimana jika Seller menolak tawaran harga yang Ane sebagai Buyer ajukan?
- Agan bisa mengulang proses penawaran.
- Tetapi pastikan apakah alasan penolakan Seller bukan karena stok yang tidak mencukupi.
- Jika alasan penolakan karena harga tawaran terlalu rendah, buat yang baru dengan harga yang lebih masuk akal ya, Gan :D.
Bagaimana jika Seller menerima tawaran harga yang Ane sebagai Buyer ajukan?
- Melalui Email/PM, Agan bisa membuka halaman Checkout dengan cara:
- Di Halaman Checkout, isi data lengkap Agan untuk pengiriman produk yang Agan pesan. Di halaman yang sama, Agan juga bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan untuk melunasi produk. Detail dari metode pembayaran bisa dilihat di:
- Virtual Account
- KlikBCA
- Sakuku
- Indomaret
- Krdivo
- Setelah pembayaran dilunasi, maka Seller akan mendapatkan notifikasi untuk segera mengirimkan produk.
Apa itu Tips Kaspay?
Tips Kaspay adalah tips sukarela dari Buyer untuk KASKUS.
Darimana Ane bisa melihat nomor handphone Seller untuk langsung menghubunginya?
- Cari produk yang Agan inginkan.
- Lihat area Seller Info di sebelah kanan.
- Jika di sana tidak ada nomor handphone, maka Seller mengatur agar nomor handphone-nya tidak dipublikasikan (Agan tetap bisa menghubungi Seller via PM atau Chat)
Bagaimana jika Seller tidak memberikan respon terhadap pesanan yang sudah Ane bayar?
- Jika Seller menolak pesanan Agan, maka dana yang telah dibayarkan ke KASKUS akan langsung dikembalikan ke Saldo Kaspay Agan.
- Agan lalu bisa mencairkan dana ke rekening Bank Agan dengan mengunjungi halaman Saldo Kaspay.
Bagaimana jika Seller menolak pesanan, tapi Ane sebagai Buyer sudah melakukan pembayaran?
- Jika Seller menolak pesanan Agan, maka dana yang telah dibayarkan ke KASKUS akan langsung dikembalikan ke Saldo Kaspay Agan.
- Agan lalu bisa mencairkan dana ke rekening Bank Agan dengan mengunjungi halaman Saldo Kaspay.
Mengapa Seller menolak pesanan Ane ya?
- Bisa karena Seller kehabisan barang.
- Bisa karena barang Seller kondisinya rusak atau tidak memungkinkan untuk dijual lagi.
- Bisa karena jasa pengiriman di tempat Seller sedang tidak bisa dimanfaatkan.
- Saran dari KASKUS adalah untuk menghubungi Seller secara langsung jika pesanan Agan ditolak.
Bagaimana jika Seller menerima pesanan yang Ane sebagai Buyer sudah bayar?
- Agan tinggal menunggu Seller sampai melakukan pengiriman barang dan mengisi nomor resi.
- Setelah barang tiba di Agan, Agan bisa melakukan konfirmasi penerimaan produk dengan cara:
- Klik username Agan di sebelah kanan atas.
- Klik Pembelian.
- Klik Transaksi Pembelian.
- Cari transaksi Agan di sana yang berstatus Barang Sudah Dikirim.
- Klik tombol konfirmasi penerimaan produk:
Bagaimana jika Seller tidak kunjung mengisi nomor resi?
- Agan bisa segera menghubungi Seller via PM atau Chat untuk meminta mengisi nomor resi.
- Jika Seller tidak kunjung mengisi nomor resi, maka dalam 3*24 jam sejak pembayaran dilunasi, dana akan dikembalikan ke Saldo Kaspay Agan. 3*24 jam ini berlaku untuk hari kerja saja ya Gan, jadi Hari Sabtu-Minggu dan Tanggal merah tidak akan dihitung.
- Agan lalu bisa mencairkan dana ke rekening Bank Agan dengan mengunjungi halaman Saldo Kaspay.
Bagaimana jika barang tidak sampai-sampai ke tangan Ane meskipun nomor resi sudah dimasukkan?
- Terhitung 7 hari sejak nomor resi dimasukkan, dana akan dipindahkan ke akun Saldo Kaspay Seller.
- Jika sudah mendekati 7 hari namun barang tidak sampai juga, Agan disarankan untuk membuat pengaduan dengan klik tombol:
- Detail tentang membuat pengaduan bisa dilihat di Halaman Cara Membuat Pengaduan.