- Definisi Resolution Center
- Cara Kerja Resolution Center
- Ketentuan Transaksi ke Resolution Center
- Pengaduan Dibuat
- Batasan Masalah Pengaduan
- Pengaduan Selesai
- Proses Pembayaran Diteruskan ke Penjual
- Refund
- Penjaminan
- Hak Resolution Center KASKUS
- Perubahan Ketentuan Layanan
Definisi Resolution Center
Sebuah wadah online yang dimiliki KASKUS untuk memfasilitasi pengaduan yang terjadi antara Pembeli dan Penjual yang menggunakan Kaspay.
Cara Kerja Resolution Center
- Jika terjadi permasalahan di dalam transaksi, Pembeli bisa membuat Pengaduan ke Resolution Center pada menu Transaksi Pembelian dan menjelaskan pokok masalah serta menawarkan solusi awal pemecahan masalah.
- Penjual bisa menanggapi pengaduan tersebut dengan memberikan penjelasan.
- Setelah kedua pihak setuju dan melaksanakan solusi yang telah disepakati, maka transaksi akan selesai sesuai dengan solusi yang disepakati.
- Jika Penjual tidak merespon atau tidak terjadi kesepakatan bersama setelah melakukan percakapan, maka Pembeli dan Penjual dapat meminta bantuan kepada Team Resolution Center. Dalam hal ini, Team Resolution Center memiliki kewenangan untuk memberikan keputusan akhir yang harus dilaksanakan oleh kedua belah pihak untuk menyelesaikan.
- Bukti-bukti berupa foto barang, nota pembelian, slip resi pengiriman dan lainnya, akan dijadikan pertimbangan dalam memutuskan solusi yang tepat untuk pengaduan yang masuk.
Ketentuan Pengaduan di Resolution Center
- Pengaduan hanya dapat dibuat oleh Pembeli.
- Pembeli dan Penjual dapat berinteraksi di bagian Percakapan pada halaman Pengaduan.
- Semua aktivitas yang terjadi di halaman Pengaduan dipantau dan dapat diambil alih oleh Team Resolution Center.
Pengaduan
Pengaduan dapat dibuat jika:
- Melakukan transaksi di Kaspay
- Membuat Pengaduan di menu Jual Beli Activities > Transaksi Pembelian
- Pembeli telah melunasi pembayaran
Pengaduan dapat dibuat apabila terkait dengan hal-hal dibawah ini:
- Barang tidak sesuai kondisi yang tertulis di deskripsi produk
- Barang tidak sampai tujuan
- Pembeli sudah melunasi pembayaran tapi ternyata stok barang tidak ada
- Dan lainnya yang terkait dengan transaksi menggunakan Kaspay
Batasan Masalah Pengaduan
Team Resolution Center tidak melayani Pengaduan untuk transaksi jual beli jasa dan produk non fisik.
Pengaduan Selesai
Pengaduan dianggap selesai jika:
- Melakukan transaksi di Kaspay
- Membuat Pengaduan di menu Jual Beli Activities > Transaksi Pembelian
- Pembeli telah melunasi pembayaran
Pengaduan dapat dibuat apabila terkait dengan hal-hal dibawah ini:
- Barang tidak sesuai kondisi yang tertulis di deskripsi produk
- Barang tidak sampai tujuan
- Pembeli sudah melunasi pembayaran tapi ternyata stok barang tidak ada
- Dan lainnya yang terkait dengan transaksi menggunakan Kaspay
Proses Pembayaran Diteruskan ke Penjual
Pembayaran diteruskan ke Penjual jika:
- Terjadi kesepakatan antara Penjual dan Pembeli
- Pembeli membatalkan pengaduan
Refund
Refund dapat dilakukan jika:
- Terjadi kesepakatan antara Penjual dan Pembeli untuk melakukan refund
- Penjual menyetujui permintaan refund
Penjaminan
Dana dari Pembeli untuk Penjual akan tetap tersimpan di Kaspay selama Pengaduan antara Penjual dan Pembeli belum terselesaikan.
Hak Resolution Center KASKUS
Resolution Center KASKUS memiliki kewenangan untuk memberikan keputusan akhir yang harus dilaksanakan oleh kedua belah pihak untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.
Perubahan Ketentuan Layanan
Atas kebijaksanaan KASKUS, KASKUS dapat merevisi ketentuan ini pada saat kapanpun dengan mengubah halaman ini tanpa pemberitahuan sebelumnya. Penjual dan Pembeli diharapkan untuk memeriksa halaman ini dari waktu ke waktu untuk memperhatikan setiap perubahan yang kami buat, karena hal itu mengikat Penjual dan Pembeli. Sebagian dari ketentuan yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan ini juga dapat digantikan oleh ketentuan-ketentuan atau pemberitahuan yang dipublikasi di bagian lain di situs KASKUS.