Presiden Jokowi Menjadi Karakter Stiker Dalam Menginspirasi Penyebaran Konten Positif
JAKARTA, 29 SEPTEMBER 2017- Dalam menyambut 28 Oktober 2017, beberapa platform komunikasi digital yang lekat dengan para generasi muda menginisiasi program-program khusus yaitu Stiker dan webtoon ‘LINE X Presiden Jokowi : Edisi Sumpah Pemuda’, bincang inspiratif Kreator Digital KASKUS, Youthtober Prambors, dan program offline Anak Muda Opini.ID.
Stiker LINE X Presiden Jokowi ini dikompetisikan di antara para kreator digital LINE yang sudah memiliki pencapaian-pencapaian yang signifikan. Pada tanggal 5 Oktober, 5 hasil terbaik akan disosialisasikan ke masyarakat untuk mendapatkan vote masyarakat, 3 hasil kreasi yang mendapat vote terbanyak akan masuk top 3, yang pada akhirnya akan dipilih 1 (satu) oleh Presiden Joko Widodo pada minggu ke 2 bulan Oktober. Stiker LINE X Presiden Jokowi edisi Sumpah Pemuda akan diluncurkan pada tanggal 24 Oktober 2017.
Selain Stiker, LINE turut meluncurkan webtoon edisi spesial sumpah pemuda melalui platform komik digital LINE WEBTOON. Lewat kekuatan narasi media komik digital, diharapkan dapat menjangkau anak muda dan kalangan kreatif. Webtoon yang telah terpilih berjudul “Sepulang Sekolah” akan membawakan cerita mengenai dua pelajar SMA yang kreatif bernama Koi dan Jui dengan tema ‘Magang di Istana’, dan akan tayang berkala sepanjang 8 episode. Webtoon yang dibuat oleh Koi, Dan, Jui bercerita tentang kegiatan magang di Kantor Staf Presiden dan ikut memonitor pembangunan di berbagai tempat.
LINE adalah salah satu platform komunikasi dan konten yang dominan untuk generasi anak muda dengan 90.000.000 pengguna aktif bulanan LINE di Indonesia, sehingga diharapkan dapat menjangkau anak muda Indonesia secara langsung.
Selain LINE, pemerintah juga menggandeng KASKUS, portal diskusi dan komunitas digital terbesar; serta Prambors, radio andalan anak muda. Ketiganya akan bekerja sama dalam menyuarakan aspirasi kreatif untuk mendorong produktifias anak muda Indonesia melalui penyebaran konten positif.
KASKUS akan melakukan diskusi online mengenai bagaimana anak muda dapat menjadi kreator unggulan di platform komunikasi digital. Sedangkan Radio Prambors dan jaringannya di 9 kota besar Indonesia secara khusus membuat program Youthober yaitu program yang menekankan pada anak-anak muda kreator inspiratif. KASKUS saat ini memiliki 10 juta anggota yang terdaftar.
Opini.id akan mengadakan berbagai pelatihan pembuatan video pendek di berbagai universitas di seluruh Indonesia untuk mengajak para kreator digital mampu membuat materi komunikasi digital yang berkualitas. Saat ini program-program video digital Opini.ID merupakan salah satu program terpopuler di lintas platform.
Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif menyatakan bahwa “Kreator Digital adalah pelaku ekonomi utama di masa depan, dan kreativitas adalah modal utama yang tidak akan dapat tergantikan oleh robot dan mesin. Kita akan melindungi Hak Kekayaan Intelektual para Kreator karena HAKI adalah kunci keberhasilan ekonomi kreatif”
"LINE sangat bangga bisa membantu pemerintah dalam menghubungkan dan meningkatkan para pelaku ekonomi kreatif digital yang kini telah membentuk sebuah ekosistem bisnis yang kuat di LINE Creator’s Market bagi para kreator stiker dan juga LINE WEBTOON. Kompetisi ini akan menampilkan Presiden Joko Widodo sebagai kepala negara pertama yang menjadi karakter stiker LINE dan juga dalam narasi webtoon, sebagai dorongan bagi anak muda Indonesia untuk ikut berpartisipasi. Sebagai sosok yang dekat dengan generasi muda, kami percaya bahwa hal ini dapat meningkatkan penyebaran aspirasi positif," ucap Revie Sylviana, Business Development Director LINE Corp Indonesia.
Pendiri KASKUS, Andrew Darwis mengaku bangga bisa berpartisipasi dalam mendukung program pemerintah yang sejalan dengan fokus KASKUS sebagai platform yang memfasilitasi kreator muda berkarya melalui tulisannya. “Sebagai Komunitas online terbesar di Indonesia, KASKUS akan mendorong anak-anak muda untuk mampu menjadi kreator unggulan yang berkualitas. Terkait dengan program stiker edisi Presiden, dengan kehadiran 10 juta anggota yang tersebar di 58 regional Indonesia, kami yakin bisa memberikan dukungan untuk memilih kreator stiker dan webtoon terbaik,” imbuhnya.
“Sebagai radio anak muda dengan jaringan di sembilan kota besar, termasuk Manado dan Makassar, Prambors turut mendukung program ini demi kemajuan industri kreatif digital Tanah Air. Sesuai dengan program YOUTHTOBER, Prambors menginspirasi anak-anak muda menjadi creator melalui obrolan yang diselenggarakan Prambors selama Bulan Oktober dalam rangka perayaan Sumpah Pemuda,” kata Operation Director Prambors Pati Perkasa.
Lima karya terbaik akan diumumkan ke publik melalui aplikasi LINE untuk mencari tiga karya terbaik pilihan publik melalui voting yang diadakan pada 5-8 Oktober 2017. Adapun roadshow bersama para kreator terpilih akan dilangsungkan bersama KASKUS yang mewadahi diskusi online untuk menjadi kreator unggulan di platform komunikasi digital, berikut juga oleh Prambors melalui acara ‘Youthtober: Berprestasi, Kreatif dan Inspiratif”. Presiden Joko Widodo akan memilih stiker pemenang dari tiga karya terbaik pilihan publik.
Stiker pemenang LINE X Presiden Jokowi : Edisi Sumpah Pemuda akan diluncurkan dan bisa diunduh gratis oleh publik mulai 24 Oktober 2017 selama satu bulan, dan dapat digunakan selama 3 bulan dihitung dari hari pengunduhan.
“Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi anak muda Indonesia membuka wawasan mengenai potensi berkreasi dalam dunia kreatif digital serta mendorong mereka tidak hanya sebagai insan kreatif, tetapi pelaku ekonomi digital yang produktif dan inspiratif," tutup Teten.
***