Apa itu Feedback?
Penilaian adalah bentuk apresiasi bagi Seller yang diberikan oleh Agan setelah transaksi di Kaskus Jual Beli selesai.
Apa saja bentuk Feedback itu?
- Positif : jika Agan merasa puas dengan barang dan layanan Seller.
- Negatif : jika Agan merasa tidak puas dengan barang dan layanan Seller.
- Netral : jika Agan merasa biasa saja dengan barang dan layanan Seller.
Bagaimana cara ane memberikan Feedback?
Feedback bisa diberikan setelah Agan konfirmasi barang telah diterima.Agan memiliki waktu 7 hari untuk memberi Feedback dengan mengklik tombol:
Agan akan dibawa ke Halaman Invoice yang memiliki form untuk membeli Feedback. Demikian form-nya:
Bagaimana kalau ane lupa kasih Feedback?
Jika Agan tidak memberi Feedback dalam 7 hari setelah konfirmasi barang diterima, maka Seller akan secara otomatis mendapatkan Feedback “Positif” dari sistem.
Kenapa nilai Feedback bisa berbeda dengan Total Feedback?
Feedback POSITIF hanya dihitung 1 dari 1 Pembeli yang sama dalam 1 hari.
Contoh : jika Buyer A memberi feedback POSITIF ke Seller B sebanyak 3 kali dalam 1 hari, maka feedback POSITIF yang dihitung adalah 1 dan Total feedback adalah 3.
Feedback NEGATIF dan NETRAL hanya terhitung sebagai Total Feecdback
REPUTASI
Apa itu Reputasi?
Jual Beli kini telah berlakukan sistem reputasi, dimana Seller akan mendapatkan title berdasarkan Feedback yang diberikan Buyer kepada Seller setelah setiap transaksi. Reputasi nantinya akan ditampilkan dalam bentuk badges yang dapat dilihat pada halaman Lapak Jual Beli Seller.
Bagaimana Cara Menghitung Reputasi?
Reputasi diperoleh dari penjumlahan feedback untuk penjual dikalikan dengan poin tiap feedback. Nilai poin untuk feedback dapat dilihat pada tabel dibawah ini:
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh di bawah ini:
Seller A telah melakukan 15 transaksi penjualan. Dari 5 transaksi penjualan tersebut, Seller A telah mendapatkan 6 Feedback positif, 5 Feedback netral, dan 4 Feedback negatif. Perhitungan Reputasi untuk Seller A adalah sebagai berikut:
Reputasi = SUM (Feedback x Poin)
= (6 x 2) + (5 x 1) + (4 x -1)
= 12 + 5 -4 = 13
Dari hasil perhitungan di atas, didapatkan total poin untuk reputasi adalah 13. Untuk menentukan tingkat reputasi Seller A, mari kita lihat tabel pembagian Reputasi di bawah ini.
Hasil Perhitungan Poin Feedback Seller A adalah 13 yang artinya Seller A memiliki reputasi sebagai Pedagang.
KECEPATAN RESPON PESANAN
Apa itu Kecepatan Respon Pesanan?
Kecepatan Respon Pesanan adalah nilai rata-rata kecepatan Seller dalam merespon pesanan Buyer, terhitung dari saat pesanan diteruskan ke Seller (setelah Buyer membayar pesanannya) sampai dengan Seller memasukkan nomor resi logistik pengiriman.
Tetapi, perlu diperhatikan bahwa yang dihitung hanyalah pesanan atau transaksi yang telah selesai dan Pembeli telah menerima barang yang dipesan. Kecepatan Respon Pesanan akan menampilkan statistik toko dalam kurun waktu 1 bulan, 6 bulan, 12 bulan terakhir, dan seumur hidup.
Level Kecepatan Respon?
Nilai kecepatan dibagi menjadi 3 tingkatan, seperti yang ditunjukkan dalam tabel di bawah ini:
Perhitungan Kecepatan Respon Pesanan akan dimulai dari saat pembayaran dilakukan oleh Buyer dan pesanan direspon oleh Seller hingga Seller memasukkan nomor resi logistik pengiriman di Jual Beli.
Catatan:
- Apabila Seller mengedit nomor resi logistik pengiriman, maka waktu edit resi tersebut akan dijadikan sebagai waktu selesainya penghitungan kecepatan respon pesanan.
- Khusus transaksi menggunakan sistem Nego, perhitungan kecepatan respon pesanan akan dihitung dengan mekanisme sebagai berikut: periode buyer mengajukan nego hingga seller mengkonfirmasi nego ditambah dengan periode setelah pembayaran buyer terverifikasi hingga seller memasukkan nomor resi logistik pengiriman.
Bagaimana penilaian kecepatan dihitung?
Nilai Kecepatan Respon Pesanan diperoleh dari perhitungan Total jumlah transaksi berhasil dikalikan dengan poin dari tiap transaksi, dibagi dengan Jumlah Total Transaksi yang berhasil.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh di bawah ini:
Misalnya Seller A memiliki 100 transaksi berhasil, dengan detail kecepatan proses sebagai berikut: 90 transaksi direspon dalam waktu 1 hari (Cepat), 7 transaksi direspon dalam waktu 2 hari (Normal), 3 transaksi direspon dalam waktu 4 hari (Lambat).
Rinciannya adalah sebagai berikut:
90 Transaksi mendapat nilai 3
7 Transaksi mendapat nilai 2
3 Transaksi mendapat nilai 1
Perhitungan Kecepatan Respon Pesanan untuk Seller A adalah sebagai berikut:
Dari hasil perhitungan di atas, didapatkan Nilai Kecepatan Respon Pesanan adalah 2,87. Untuk menentukan tingkat Kecepatan Respon Pesanan Seller A, mari kita lihat tabel poin Kecepatan Respon di bawah.
Nilai Rata-Rata Kecepatan Respon Pesanan Seller A adalah 2,87 yang artinya rata-rata kecepatan proses transaksi Seller A berada di tingkat CEPAT.